Cicada 3301

Episode 2 Person of Interest season 4 yang berjudul Nautilus bercerita tentang samaritan yang merekrut agen baru dengan membuat game dan menyebar petunjuk-petunjuknya di seluruh kota. Untuk orang awam petunjuknya itu terlihat seperti grafity biasa atau spanduk iklan biasa. Padahal terdapat petunjuk tersembunyi disana. Saya pikir seru nih kalau ada game seperti ini di dunia nyata.

Dan ternyata ada!!
Game seperti itu memang ada di dunia nyata, namanya Cicada 3301, sepertinya yang menjadi inspirasi untuk Game Nautilus di Person Of Interest. Malah Cicada 3301 ini disebut sebagai “the hardest puzzle in internet era” . 

Cicada 3301 pertama kali muncul tahun 5 Januari 2012. Tujuannya untuk merekrut kripto analis yang handal, teka-tekinya pun berfokus pada keamanan data, kriptograpy dan steganograpy. Game ini berlangsung setahun sekali dan selalu dimulai dari tanggal 5 Januari.  Sampai sekarang Cicada 3301 ini masih menjadi misteri, karena tidak ada yang tahu siapa yang membuat game ini, tujuannya untuk apa, bahkan siapa saja yang berhasil memecahkan teka-tekinya pun tidak ada yang tahu sampai sekarang. Kalau di Person of interest sih udah ketahuan semuanya :D

Karena penasaran saya pun coba googling ,  dan ketemu artikel ini. Artikel ini berisi wawancara dengan orang yang berhasil ke tahap akhir dalam memecahkan teka-teki Cicada 3301. It’s a mind blowing, really. Dari kompleksitas tekta-tekinya, kemiripannya dengan game nautilus. Hanya bedanya kalau Cicada 3301 bukan sekedar fiktif seperti Nautilus, tapi beneran terjadi di dunia nyata.

Banyak spekulasi mengenai Cicada ini yang belum jelas sejauh mana kebenarannya. Dikutip dari wikia Cicada, “The one who know don’t tell. The one who don’t know tell”. Kalau saya sih ga terlalu menganggap serius sih, cuman pengen suatu hari, tahun depan mungkin bisa mencoba ikutan memecahkan teka-tekinya. Kalau sekarang sih ilmunya belum nyampe..

Great Nature

Capture

Salah satu acara favorit saya di NHK World adalah GREAT NATURE. Menonton acara ini seperti merecharge keimanan dan rasa bersyukur kita kepada Allah. Sering sekali saya dibuat terpana, speechless akan keindahan dan keajaiban dari mekanisme fenomena alam yang luar biasa.

Saya selalu takjub dengan dunia fantasi hasil imajinasi manusia. Seperti yang ada di film-film fiksi, Avatar atau The Hobbit contohnya. Tapi jika kamu lihat di GREAT NATURE, banyak pemandangan di bumi yang mungkin sedikit tersembunyi, yang luar biasa indahnya. Bahkan lebih indah dari dunia fiksi khayalan manusia. Dan pemandangan yang menakjubkan itu kebanyakan terjadi secara alami, oleh alam dalam kurun waktu yang panjang. Karena pergerakan lempengan tektonik terbentuklah Danau Blaikal, Danau tertua di dunia. Gua es terbesar di pegunungan Austria, memiliki es yang tidak pernah mencair dan itu terbentuk karena kondisi geografisnya serta angin yang keluar masuk selama ribuan tahun. Menghasilkan pemandangan yang luar biasa.

Selain merekam fenomena alam, acara ini juga membahas dari sisi keilmuannya. Bagaimana fenomena alam tersebut terjadi?! Dari penelitian yang dilakukan mereka pun berhasil mengungkapnya. Dan itu malah semakin memperlihatkan kekuasaan Allah. Contohnya saja Danau Blaikal, mereka meneliti mengapa air di danau ini sangat jernih. Dan itu ternyata berkat spesies air endemik yang hanya ada di danau tersebut. Ditambah bantuan matahari, terjadilah mekanisme recycle air danau sehingga air danau tersebut selalu jernih. Dan mekanisme seperti itu sungguh jauh dari jangkauan manusia, ga mungkin kita bisa membuat mekanisme seperti itu. Sungguh kuasa Allah yang luar biasa, Allah Maha Pencipta yang sempurna.

 

 

….

Mamah cerita salah satu masalah di kantornya. Karena masalah hutang piutang dengan rentenir, 4 orang bawahannya harus berurusan dengan pengadilan. Masalah ini sempat bikin mamah pusing, karena salah seorangnya meminta kantor tanggung jawab dan membantu membayar hutannya. Ya tentu saja tidak mungkin itu dilakukan.

Luar biasanya adalah di pengadilan yang berlangsung beberapa hari yang lalu, setelah acara selesai Hakim sengaja memanggil mereka ke tempat dimana tidak ada CCTV dan meminta uang, masing-masing sebesar 3 juta. Kalau ga mau bayar, lihat saja nanti hari Senin ketika pembacaan keputusan. Astagfirulloh….

Gara-gara tahu kejadian ini, ditambah dengan penangkapan ketua KPK oleh polisi yang sekarang sedang heboh-hebohnya membuat mamah jadi ilfil sama polisi. Bahkan jadi males nonton acara 86 yang merupakan acara TV favorit dia. Mamah bilang, kalau KPK ga pernah memeras orang yang meraka tangkap, yang ada uang mereka dirampas dikasih ke negara. Kalau polisi atau penegak hukum lainnya sih malah sebaliknya.

Serem ya jadi hakim sepeti itu, udah menerima uang haram trus memberikan hukuman yang tidak semestinya kepada orang lain. Udah ga inget lagi sama yang namanya Tuhan.

Kalau dengar cerita seperti ini tuh suka jadi keinget sama dorama Hero.

…. the power we have to punish and how we must exercise that power responsibly.

Good Luck My Way

The dream’s still not over
What lies at the end of this road?
I know, I know there is an answer
I can’t give up, I can’t stand still

But when I pull your ponytail, I want to be
Next to that gentle smile of yours, even for just a while

I race out straight ahead, the wide open blue sky so dazzling
With the wind blowing behind me, a new journey begins
Someday we’ll meet again, so I’m heading for tomorrow without looking back
Good luck my way on the path I believe in

Running around this way and that
Looks like I won’t get an answer if I don’t throw myself in head first
I know, I know I won’t regret it
I’ll keep going to we can laugh together again

Look, I’m not afraid, no matter what tomorrow holds
I think I can make it through, ’cause even though I’ve stumbled, I’ve made it this far

I’m glad I met you in a corner of this ever-changing world
I couldn’t put all these overwhelming feelings into words
But if we meet again someday, will I be able to get the words out better?
Good luck my way smile at me

I race out straight ahead, the wide open blue sky so dazzling
With the wind blowing behind me, a new journey begins
Someday we’ll meet again, so I’m heading for tomorrow without looking back
Good luck my way smile at me

I’m glad I met you in a corner of this ever-changing world
I couldn’t put all these overwhelming feelings into words
But if we meet again someday, will I be able to get the words out better?
Over the distant rainbow
Good luck my way on the path I believe in

source

Neo Universe! Good Luck!!

download (1)

Neo Universe

Build it up higher than the heavens
Above the constellation’s tilting scales

Morning will come brilliantly
Even to an innocent angel who can’t fly

Don’t let go of my hand
Feel this world as it awakens

Nearly cracked, but still transparent
We waited yesterday without sleeping

The miracles we dreamed of won’t come true now
But the distant sky beckons

You are gentle like the wind
Free like a bird
Flying over this world
Without fear, neo universe

Though it’s a tragedy
I’m glad I met you

Entrust each other with the despair that bows our backs
I want to believe, forever

You smile like a beautiful flower
Shining like the stars
Flying over this world
Without fear, neo universe

This is the season of rebirth
A bittersweet season
Let’s join together as one
Like the sky, neo universe

credit to Megchan

Look, I’m not afraid, no matter what tomorrow holds
I think I can make it through, ’cause even though I’ve stumbled, I’ve made it this far

 

sentiment cloud R

Ngoding itu kenapa enaknya malem ya?! Semalam gara-gara segelas susu coklat, sampai jam 5 pagi masih belum ngantuk juga. Jam 11 malam udah ga ada kerjaan tapi masih belum ngantuk. Ga ada angin ga ada hujan saya malah melanjutkan tutorial R yang ini. Udah pernah nyobain tapi malah dapat banyak error. Sempat googling juga sih waktu itu dan 1 dari 2 fungsi yang ada sudah bersih dari error. Udah mentok sama fungsi satunya lagi, jadinya ga diterusin.

Semalam dilanjutin lagi, penasaran juga sih. Dicobain lagi dari awal, dan benar saja dapat banyak error. Pas ngulik fungsi satunya lagi, ternyata errornya itu sama dengan error yang ada di fungsi sebelumnya. Ga ngerti kenapa waktu itu ga nyadar, keder duluan kali ya gara-gara liat error yang banyak. Btw, case closed, all code worked. Eh kecuali kode terakhirnya. Pas mau generate wordcloudnya malah dapat error baru lagi :

Error in strwidth(words[i], cex = size[i], …) : invalid ‘cex’ value

Ternyata error itu gara-gara ada NaN dari data yang akan dibuat wordcloud atau bisa juga karena saya salah nulis kodenya. Udah dicek lagi tapi tetep ga nemu salah nulisnya dimana. Ya sudah saya ulang lagi aja dari awal, semuanya. Dan berhasil!!

Lalu saya coba lagi, kalau sebelumnya hanya menggunakan 20 tweet. Sekarang saya gunakan kata kunci “AirAsia” dan “QZ8501″ dan mengambil 100 tweet. Dan ini hasilnya…

airasiaqz